Blog Ini Berisi Seputar Pendidikan, Pengalaman Inspiratif, Tsaqofah dan Nafsiyah Islam

Gemar Membaca

Rabu, 13 April 2016

TERAS KELAS PUN JADI TEMPAT BELAJAR

Oleh :Alphian Sahruddin, S.Pd.
Guru SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar 
Fasda USAID PRIORITAS Kota Makassar / Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah SULSEL



Rabu, 13 April 2016. Suasana kelas nampak sepi, hanya beberapa siswa saja yang belajar di dalam kelas. Bukan karena banyak siswa yang tidak hadir, melainkan mereka keluar dari kelas untuk mencari inspiasi dan mencari posisi nyaman untuk belajar.
Hari ini adalah jadwal belajar Bahasa Indonesia dengan materi membuat Pantun dan mengidentifikasi ciri-ciri pantun. Untuk lebih memudahakan siswa untuk mengerjakan tugas, ruang inspirasi tidak saya batasi di dalam kelas saja. Saya biarkan mereka untuk mencari tempat yang baik untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Ada yang memilih untuk tetap berada di dalam kelas namun ada sebagaian siswa yang rupanya lebih senang belajar di luar kelas.
Kondisi teras kelas yang memang selalu terjaga kebersihannya dijadikan sebagai tempat yang baik untuk belajar. Mereka bebas dengan gaya belajarnya masing-masing. Ada yang duduk sambil bersandar, ada yang duduk santai dan bahkan ada yang berbaring dan tengkurap. Suasana pembelajaran yang sangat santai namun mereka sangat senang dan lebih nyaman untuk belajar.
Pengaturan kelas hari ini memang saya rencanakan agar siswa lebih santai dalam belajar. Tidak melulu terpaku di dalam kelas. Kelas bukanlah satu-satunya tempat untuk melangsungkan proses pembelajaran. Yang terjadi bahkan ketika saya membebaskan mereka untuk memilih tempat yang baik untuk belajar, keceriaan nampak dari wajah mereka. Mereka pun bebas berdiskusi dengan temannya.
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber dan tempat belajar seharusnya menjadi bahan perhatian oleh guru. Mengapa tidak, keterbatasan alat dan bahan penunjang pembelajaran sering kali menjadi alasan untuk tidak memberikan layanan pendidikan dan pengajaran terbaik kepada siswa. Padahal jika kita bisa sedikit lebih kreatif, sebenarnya alam sudah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat  kita gunakan untuk membantu tercapainya kompetensi atau materi yang kita ajarkan.
Apalagi jika ditinjau dari aspek karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang masih sangat kental dengan dunia bermain. Maka menjadi hal yang wajib sebenarnya bagi guru baik untuk menciptakan suasana belajar yang ramah dengan kebutuhan anak tersebut. Tidak hanya menuntut mereka untuk belajar dengan format kaku yang selama ini banyak diterapkan, tetapi juga harus mampu memberikan layanan yang baik terhadap kebutuhan mereka.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Siswaku Angkatan 2011-2012

Siswaku Angkatan 2011-2012

Siswaku Angkatan 2012-2013

Siswaku Angkatan 2012-2013

Siswaku Angkatan 2013-2014

Siswaku Angkatan 2013-2014

Siswaku Angkatan 2014-2015

Siswaku Angkatan 2014-2015

Semangatku dalam Berkarya

Motivasiku

Motivasiku
Abi, Umi dan Faris

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.